Kali ini aku ingin berbagi info tentang “apa itu CBGB-OMFUG?”
Ga salah kiranya bila CBGB (Country, Bluegrass, Blues) disebut sebagai rumahnya musik underground. Ga ada yang nyangka sebelumnya kalo grup band Television dan Ramones yang manggung lebih dari 100 kali di CBGB akan menjadi bagian dari band punk utama di tahun 1970-an dan memiliki jutaan fans. Sampai-sampai aku hari ini masih menilai album debut Television sebagai salah satu dari sepuluh album terbaik tahun 70-an. Info dari bacaan yang aku baca (Gambar bawah), padahal sewaktu pertama kali bermain di CBGB, mereka bahkan ga dapat membayar minuman mereka sendiri.
Ini bacaan yang aku baca. Aku punya bukunya di kos. Kalau mau minjem, silahkan. Kalau mau di fotocopy, jangan!! Ya sama aja membajak dong. |
CBGB dibuka pada Desember 1973 dengan band yang pertama kali tampil bernama The Con Fullum dari Maine, Elly Greenberg seorang seniman country folk, dan grup jalanan yang disebut The Wretched Refuse String. Tempat ini disebut pula Palace Bar karena terletak di basement Palace Hotel.
Selama lebih dari satu abad, Bowery telah menjadi jalan bagi jiwa yang hilang. Orang-orang terlantar dan para gelandangan alkoholik berbaris hanya untuk terhuyung-huyung ke Palace Bar demi membuka mata mereka dengan minuman pertama white port (jenis wine dari anggur putih) atau muscatel (jenis wine dari anggur manis). Di Bowery terdapat lebih dari 60 flophouses (tempat yang menawarkan penginapan sangat murah) dan ada sekitar 40 atau 50 bar, tetapi Palace Bar (CBGB) adalah yang terbesar.
Sebuah awal masa cerah bagi CBGB mulai datang, yakni ketika Hilly Crystal sedang memperbaiki tenda di depan tempatnya itu. Ia melihat tiga pemuda berantakan yang memakai jeans robek dan t-shirt memandanginya dengan penuh ingin tahu. Mereka itulah tiga dari empat anggota band rock Television.
Ga ada klub yang akan membiarkan para grup band bermain rock n’ roll asli kecuali mereka telah memegang kontrak rekamannya. Ada begitu banyak yang hanya bisa berlatih di loteng dan ruang bawah tanah. Banyak pula dari mereka yang tidak memiliki tempat untuk bermain di depan publik. Karena itu, di CBGB terdapat sebuah kebijakan seperti yang dikatakan oleh pendirinya:
“The only way to play CBGB was to perform only your own music.” ~ Hilly Crystal. Keaslian yang utama, teknik nomor dua.
Mulanya ga berjalan lancar. Baik Television dan
Ramones yang diberi kesempatan manggung di waktu yang berbeda ga menampilkan
pertunjukkan seperti harapan Hilly Crystal. Bahkan, Ramones lebih buruk dari
Television. Keduanya kacau. Saking ‘hancur’nya, Hill Crystal berkata, “I just didn’t get! NEVER AGAIN!!” Lalu,
segalanya berjalan dan berkembang karena baik Television maupun Ramones mau
bekerja keras, gigih, dan percaya dengan kemampuan diri mereka sendiri. Inilah
mental legenda.
Courtney Love - guitar and vox Hole. |
Pada 1974, di tengah resesi. Orang ga punya
uang, tapi setidaknya sewa di daerah CBGB murah. Usia 18 tahun adalah batasan
usia minimal remaja di New York boleh minum sehingga banyak orang muda terlibat
rock. Sementara itu, New York sendiri
dalam masa pembusukan. Sebuah tahun yang membosankan. Mendekati akhir, timbul
pergolakan sosial kelanjutan dari tahun 60-an. Roe vs Wade, skandal Nixon, dan
perang Vietnam.
Itu adalah masa cemas bagi orang muda. Mereka bingung. Lalu, mencoba menemukan sesuatu yang menjadi pegangan bagi mereka sendiri. Dunia berfluktuasi dalam sebuah periode transisi. CBGB menjadi tempat ketika banyak dari mereka dapat mengungkapkan rasa frustasi, keinginan, kecemasan, bahkan impian-impian.
Dikarenakan hamper setiap orang di band-band relatif ga dikenal, CBGB ga memberi mereka jaminan, tetapi memberi mereka sebagian besar pintu uang untuk menutupi pengeluaran mereka. CBGB mempertahankan bar-nya. Mudah-mudahan mereka akan melihat nilai membangun basis penggemar. Semakin banyak orang yang datang dan membayar untuk melihat mereka, semakin banyak yang mereka hasilkan.
Selama 1975, Tom Verlaine dari Television dan Patti Smith berkawan. Keduanya pernah bermain bersama di CBGB sebagai band pembuka pertunjukkan malam hari. Pada 1970-an perusahaan boleh tetap buka sampai pukul 3-4 pagi. Malam pertama itu, penampilan mereka diterima begitu baik sehingga grip Patti Smith dibiarkan main sampai empat malam dalam seminggu, dua set setiap malam, sampai pemberitahuan lebih lanjut. Hingga akhirnya mereka bermain sampai tujuh minggu. Clive Davis dan staf turun beberapa kali dan akhirnya menandatangani kontrak band tepat di luar CBGB.
Kemudian Hilly Crystal mengadakan audisi untuk mengisi di CBGB yang diantaranya diikuti The Shirts dan The Talking Heads. The Shirts membawa orisinalitas yang didasarkan pada harmoni, lirik menarik, dan pengaturan dengan melodi yang agak rumit. Sementara The Talking Heads simple dan langsung.
Juni 1975 menjadi musim panas yang panjang. Rock jalanan belum lagi disebut punk. Banyak band dari Boston dari Philadelphia mulai berdatangan ke New Yok untuk bermain di CBGB. Hal ini membuat jumlah band rock menggembung. Meskipun demikian, belum ada penghargaan dari label rekaman, belum ada liputan pers, dan hanya sedikit pelanggan yang membayar pertunjukkan mereka. Namun bagi Hilly Crystal, segalanya berlangsung menyenangkan, semuanya dapat berpesta, dan bermain dengan keaslian mereka, tidak peduli pendapat orang lain.
CBGB membuat festivalnya sendiri, diberi nama “A Festival of the Top 40 New York Bands”, Hilly Crystal mengeluarkan iklan besar di Village Voice dan Soho Weekly News dan mingguan musik New Jersey bernama The Aquarium. Iklannya mengabarkan tentang Newport Festival yang akan dimulai sehingga puluhan ribu orang dan pers akan membacanya.
New York City bukanlah tempat yang mahal untuk dikunjungi pada Tahun 70-an. Banyak wartawan music menginap di kota itu untuk memenuhi rasa ingin tahu tentang Newport Festival dan untuk menghadiri Festival CBGB. Koran lokal sangat mendukung, Rolling Stone juga ada di acara ini. NME dan Melody Maker datang dari Inggris. Para penulis majalah musik Prancis, Belanda, Jepang juga fotografer pun datang.
Band-band yang bermain paling menonjol adalah Television, Ramones, Mink De Ville, The Shirts, Johnny’s Dance Band, The Marbles, The Mumps, The Planets, Tuff Darts, The New Harlots, The Fast, The Demons, Orchestra Luna, The Miamis, dan The Heartbreakers bersama Johnny Thunders dan Jerry Nolan (New York Dolls) serta Richard Hell yang telah meninggalkan Television.
Festival berlangsung sukses. Industri musik mulai dating ke CBGB, lagi dan lagi. Stein Seymour dari Sire Records benar-benar ahli dibidangya dalam memilih kontrak artis-artis baru dan membawa musik baru ini ke hadapan publik. Ketika Stein Seymor mengontrak Ramones, ia dan Danny Fields (manajer Ramones) membawa mereka ke Inggris untuk melakukan tur pada perilisan album rekaman pertama mereka.
Tim Armstrong - guitar and vox Rancid. |
Rancid perform is crowded, fans do lets pogo and down to the music. |
Cheers,
-GJG-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar